Origami Burung Bangau (Paper Crane) Tradisional origami burung bagau (paper crane) atau dikenal dengan Orizuru adalah salah satu origami yang sangat terkenal di dunia. Sampai-sampai simbol ini digunakan sebagai simbol origami dan simbol damai. Ada legenda Jepang kuno yang mengatakan bahwa jika seseorang membuat 1.000 buah paper crane ini, maka permohonannya akan terkabul.

Origami berasal dari “Ori” dan “Gami” yang artinya dalam Bahasa Jepang = melipat kertas. Origami merupakan budaya dari Jepang yang sudah menyebar ke seluruh dunia. Kadang kita melihat origami di restoran Jepang sebagai hiasan. Origami sudah sangat dikenal di Indonesia, dimainkan sejak anak-anak sampai dewasa.

Banyak manfaat dari origami, seperti: melatih motorik anak, melatih anak mengikuti petunjuk, melatih anak memahami diagram/gambar/video tutorial, melatih anak memecahkan masalah, melatih imajinasi anak, dan merangsang seni di dalam diri anak. Origami biasanya menggunakan kertas bujursangkar, di mana panjang dan lebarnya sama. Bisa menggunakan kertas berwarna, kertas putih, kertas print, ataupun kertas bekas lainnya.

Leave a Comment